Symbian OS 9.1 (3rd) DataCaging System

Symbian OS 9.1 (3rd) DataCaging System dan cara mematikannya. Dan meng-hack sistem sertifikat. (Cara Menghack symbian Tempo dahulu)

Symbian OS 9.1 (3rd) DataCaging System

Pernahkah anda menggunakan handphone berbasis symbian 9.1 (3rd) ? 

Pada masa-masa pertama kali diluncurkan banyak para pegiat cracked mulia bermunculan.

Nah .... berikut ini adalah proses bagaimana cara hacked symbian sebelum ada Aplikasi khusus buat menghack/root perangkat symbian.

" Mungkin bila anda sudah mempunyai handphone itu, anda akan merasa bahwa arsitektur sistem operasi tersebut bagus. Tetapi, jika anda adalah pengguna yang sudah “Intermediate”, dan menggunakan file explorer dari pihak ke 3, maka anda akan merasa bahwa gerak anda dibatasi oleh Data Caging System.

Karena fleksibilitas yang disediakan bagi pihak pengembang aplikasi setelah Symbian OS mulai bersifat open, maka hal ini menyebabkan rentannya sistem keamanan Symbian OS akibatnya adanya kemudahan pengaksesan sumber daya dan komponen fungsionalitas dari telepon. Oleh karena itu pada dasarnya pengaman yang dilakukan oleh Symbian OS yaitu membatasi/memfilter hak akses dari aplikasi yang akan diinstal pada sistem operasi ini.

Oleh karena itu, maka Symbian OS meluncurkan sistem keamanan baru tersebut mulai dari versi 9.1 (3rd). Mungkin bagi beberapa orang, pembatasan itu akan sangat merepotkan. Padahal hak untuk mengakses semua data diperlukan untuk membackup data-data handphone secara manual, seperti sms anda.

Sayangnya, Nokia hanya menyediakan backup penuh terhadap handphone anda, anda tidak dapat memilih mana yang tidak mau di backup atau yang tidak mau di backup. Juga fitur sinkronisasi pada Nokia PC Suite hanya mengijinkan anda mentransfer phone book ke Microsoft Outlook anda.

Ini adalah folder-folder yang di proteksi oleh DataCaging

  1. Sys = untuk menyimpan settings applikasi, hanya dapat dibaca
  2. Resources = untuk menyimpan ikon-ikon aplikasi dan pendukungnya, hanya dapat dibaca
  3. Private = berisi program-program dan data-data personal, tidak dapat dibaca dan ditulis

Hanya dapat dibaca oleh aplikasi yang mempunyai sertifikat berkekuatan besar yang hanya sedikit orang yang mempunyainya.

Dalam grafik :

Cara yang sangat awal untuk menjebol sistem keamanan ini adalah dengan mengubah firmware handphone anda.

Perubahan ini bersifat permanen.

Tetapi, cara ini sangat berbahaya. Jika anda melakukan kesalahan, maka handphone anda akan mogok untuk bekerja. Juga garansi akan dibatalkan oleh nokia. Dan firmware-firmware terbaru nokia sudah di ENCYCRYPT untuk menghindari perubahan.

Cara kedua adalah dengan mengedit program kernel yang ada di memory. Tetapi, ruginya, perubahan ini tidak permanen dan akan hilang setelah handphone dimatikan. Diatasi dengan program tambahan caps

Apa yang anda perlukan ?

  1. ActivePhyton atau sejenisnya. Untuk menjalankan script
  2. PySerial Untuk menghubungkan phyton dengan handphone
  3. Script dan program pendukung di handphone
  4. Program pendukung (AppTrk) Untuk symbian os 9.2 (3rd FP1).
  5. Program Caps supaya trik ini dapat diaktifkan tampa komputer
  6. Komputer tanpa PC Suite dan hanya mempunyai Cable Driver Nokia. Karena PC Suite akan menblock komunikasi secara langsung ke handphone.
  7. Dan, jangan lupa untuk menginstall aplikasi file explorer dari pihak ke 3 yang bisa melihat folder-folder seperti private. Misal Xplorer.

Langkah-langkah kerja :

  • Instal AppTrk di handphone anda. Jika anda menggunakan Kabel USB, di dalam program, pilih options > Settings. Lalu pilih koneksi USB
  • Konek handphone anda dengan komputer dengan memilih mode PC Suite.
  • Jika anda berhasil, seharusnya muncul

    di AppTrk anda
  • Konek AppTrk ke komputer dengan memilih Options > Connect
  • Pergi Ke Control Panel>System>Hardware>Device Manager>Ports atau di Windows Vista: Control Panel>System>Device Manager>Ports. (Tolong gunakan hak administratif anda selama anda melakukan hacking. Termasuk pada program Phyton anda. Terutama untuk vista, tolong matikan UAC)
  • Catat COM Port yang handphone anda gunakan

  • Buka script phyton dengan notepad, cari “serial.serial” lalu ganti tanda kurung dengan lokasi COM Port anda. Ingat, yang di tulis di sini adalah COM Port handphone anda dikurangi dengan 1, Misal com5 menjadi serial.4

  • Save file anda
  • Buka file tersebut dengan phyton
  • Jika dalam window tersebut ada tulisan “!!!!!!!! Candidate !!!!!!!!!” maka anda berhasil. Kalau tidak muncul, maka cobalah untuk merestart handphone anda dan mencoba lagi.
    Juga kalau dalam proses pinging, program berhenti bekerja, tolong lihat keberadaan PC Suite dalam komputer anda atau yakinkanlah bahwa anda telah menjalankan AppTrk dan mengkoneksikannya.

  • Setelah itu, anda dapat keluar dari AppTrk.

Selamat, anda telah mematikan DataCaging system anda, anda sekarang dapat mengakses file-file yang dahulu dilarang.

Cara supaya hack dapat diapply tanpa komputer. (Semua file telah disediakan).

  1. Copy “CProfDriver_SISX.ldd” ke “C:\sys\bin”

  2. Install caps on dan caps on ke dalam handphone anda.

Caps on berfungsi untuk mengaktifkan fitur proteksi Data Caging sedangkan Caps Off berfungsi untuk menonaktifkan fitur proteksi Data Caging

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow