Operation Shadow v1.19

Konflik faksi di wilayah sekitar negara asal Solano, Arawas, telah meningkat selama dekade terakhir. Dalam lingkungan politik berbatu yang disebabkan oleh ekonomi global yang tidak stabil dan disintegrasi kelompok-kelompok politik utama, organisasi-organisasi ekstremis telah berkembang. Team Shadow telah dibentuk untuk mencegah yang terburuk dari rezim-rezim ini agar tidak lebih mengancam keamanan global.

Operation Shadow v1.19

Operation Shadow adalah penembak run-and-gun orang ketiga yang dibuat tak lama setelah Perang Dingin. Pemain mengontrol komando Jay Solano, bagian dari tim Pasukan Khusus rahasia Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang dikerahkan untuk meredakan situasi di mana eskalasi dapat menyebabkan konflik militer global. Permainan dimulai di wilayah Arawas fiktif melawan pasukan Ixan dan wilayah lain dikunjungi nanti. Di samping Jenderal Barton yang memimpin Team Shadow, karakter penting lainnya adalah Maëlys Nyx, pemimpin tentara bayaran Midnight Wraiths, Jenderal Neva, pemimpin politik dan militer negara bangsa Rodan, dan pembawa berita jaringan berita CPN Samantha Brown. Ada empat faksi total dalam permainan: Ixan Desert Scorpions, Loxos Red Moon Army, Midnight Wraiths, dan Rodan Snow Wolves. Di samping bergerak dengan berjalan kaki dalam mode infanteri, Solano dapat memasuki berbagai jenis kerajinan dan kendaraan selama misi, seperti Humvee, helikopter, hovercraft atau tank, masing-masing dengan kontrol dan sarana yang sangat berbeda. Humvee dapat digunakan untuk mengambil kendali atas senapan mesin yang terpasang, helikopter menggunakan senapan mesin dan rudal dan tank memiliki menara dan rudal.

Game ini dalam 3D dan aksinya selalu ditampilkan dari orang ketiga di belakang tampilan. Level linier memiliki tujuan yang berbeda dan penanda merah pada kompas di dekat bagian atas layar menunjukkan arah umum. Solano perlu bergerak dan memberondong sambil menembak pasukan musuh sambil berjalan kaki. Senapan serbu memiliki jumlah amunisi yang tidak terbatas, sementara granat dan rudal antitank digunakan untuk menghancurkan target yang lebih besar. Kendaraan dan kerajinan harus keluar sebelum meledak dan ada pengukur kesehatan umum untuk Solano juga. Menggunakan tank atau helikopter dimungkinkan untuk mengunci dan menembakkan misil. Pick-up termasuk kesehatan, baju besi, granat, kerusakan ganda, tak terkalahkan dan hiruk pikuk. Ada juga amunisi pick-up untuk Gatling gun, bazooka, tank shell, peluncur multi-roket, roket helikopter dan rudal Hellfire.

Telah terjadi konflik kecil di negara Arawas selama beberapa tahun, tetapi akhir-akhir ini meningkat. Dalam upaya menjaga stabilitas global, PBB telah membentuk kelompok elit Pasukan Khusus untuk mengelola dan menekan situasi seperti ini. Dengan meningkatnya ketidakstabilan Arawas, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memutuskan untuk turun tangan dan mengirim Team Shadow, yaitu Jay Solano. Terserah Anda untuk menjaga perdamaian.

Apa ini pada dasarnya berarti bahwa Jay Salano adalah tentara satu orang, menghancurkan segala sesuatu di jalannya. Setiap misi Jay akan diberikan misi, di mana ia harus melewati satu level dan sebagian besar waktunya melibatkan membunuh semua orang yang terlihat dan menghancurkan semua bangunan. Apa yang benar-benar membantunya berhasil dalam misinya adalah teknologi yang diciptakan pemerintah yang memungkinkan dia untuk memiliki senapan serbu yang memiliki persediaan peluru tak terbatas. Dia juga dapat mengambil amunisi untuk peluncur roket dan bahkan granat untuk menyebabkan kehancuran yang lebih besar. Jika berlarian dengan berjalan kaki saja tidak cukup, Jay dapat mencuri tank, helikopter, dan bahkan perahu yang selalu tidak dijaga dengan nyaman. Setelah bermain-main dengan tiga kendaraan, pemain akan menyadari bahwa itu sia-sia karena kontrolnya sangat rumit; semua kendaraan lakukan adalah memberikan musuh target yang lebih besar untuk menembak.

Dua masalah terbesar dengan game ini adalah kontrol yang buruk dan AI musuh. Kontrol untuk game ini sangat mengerikan. Berjalan kaki lebih baik daripada kendaraan tetapi tidak banyak. Ini adalah tugas hanya untuk berpindah dari satu sisi level ke sisi lain, dan Anda akan ingin melemparkan N-gage Anda ke dinding. Musuh akan melihat bahwa Anda menghancurkan markas mereka, namun mereka melihat Anda bertanya-tanya apakah Anda menjual es krim. Ketika mereka menyadari bahwa Anda adalah musuh, karena Anda telah menembak mereka beberapa kali, mereka akan berusaha untuk mengambil senjata mereka, tetapi sayangnya itu akan terlambat karena mereka akan menjadi pupuk bagi rumput.

Di sisi positifnya, game ini terlihat cukup bagus. Bahkan bisa dengan mudah lolos untuk sebuah game Playstation awal. Ini memiliki beberapa pekerjaan poligonal yang bagus pada manusia dan lingkungan. Sementara pemain akan mengalami popup sesekali, mudah dimaafkan begitu mereka menyadari bahwa mereka bermain di perangkat genggam alih-alih konsol. Kecepatan bingkai juga tetap cukup tinggi, dengan sedikit atau tanpa perlambatan, yang sangat penting untuk permainan seperti ini.

Soundtrack game ini cocok dengan gamenya, tetapi sebenarnya bukan sesuatu yang luar biasa dan mudah diingat. Efek suara yang akan Anda dengar sama generiknya dengan aslinya. Anda akan mendengar ledakan biasa, tembakan, dan suara lain yang mungkin Anda harapkan dari game perang seperti ini. Mode singe-player dibagi menjadi kampanye yang berbeda dengan beberapa misi masing-masing, yang disediakan oleh Barton umum. Game ini mendukung game multipemain kompetitif di empat peta melalui Bluetooth hingga empat pemain.

Berkas