Nokia tidak lagi memiliki handset bertenaga S60 dengan spesifikasi teratas

Samsung i8510 yang akan datang juga dikenal sebagai InnoV8, didasarkan pada S60 OS v9.3 Feature Pack 2 dan dilengkapi dengan layar QVGA 2.8″. Seperti N96, ini juga merupakan slider dan melihat kedua handset ini dari mata burung tidak ada banyak perbedaan.

Nokia tidak lagi memiliki handset bertenaga S60 dengan spesifikasi teratas

Wow! Saya hampir tidak pernah mengharapkan ini terjadi, tetapi itu benar. Hadirin sekalian – Nokia tidak lagi memiliki handset bertenaga S60 dengan spesifikasi teratas. Samsung telah didukung dan unggul daripada Nokia N96 , setidaknya sejauh spesifikasi dari inti. Samsung i8510 yang akan datang  juga dikenal sebagai InnoV8, didasarkan pada S60 OS v9.3 Feature Pack 2 dan dilengkapi dengan layar QVGA 2.8″. Seperti N96, ini juga merupakan slider dan melihat kedua handset ini dari mata burung tidak ada banyak perbedaan. Samsung memiliki pengalaman yang luas dengan slider dan Nokia juga telah belajar, perlahan tapi pasti sehingga perbedaannya kemungkinan besar akan turun ke pengalaman pengguna. Meskipun demikian, penawaran Samsung lebih baik setidaknya secara spesifik di beberapa area dan inilah caranya.

Samsung i8510

Samsung i8510

KAMERA  – i8510 membanggakan kamera 8 (!) megapiksel yang juga dapat merekam video VGA pada 30 FPS dan QVGA pada 120 frame per detik yang mengesankan. Tidak hanya itu, perangkat lunak juga menawarkan fitur-fitur seperti Deteksi Wajah & Kedip dan Mode Panorama di luar kotak. Pengeditan video dan gambar yang ekstensif dengan Movie Maker dan Storyboard juga hadir. Sekarang, jumlah megapiksel yang lebih besar tidak selalu berarti kamera yang lebih baik, tetapi terkadang menjadi sedikit sulit untuk berdebat dengan 8 megapiksel.

VIDEO  – Ini juga akan mendukung format video Divx dan WMV di luar kotak. tidak seperti N96 yang bergantung pada perangkat lunak pihak ketiga dan masih tidak dapat melakukan WMV. ( Sunting : Saya akan memakan beberapa kata saya di sini hehe N96 sebenarnya dapat melakukan WMV di luar kotak. Tidak hanya itu, ia juga dapat menampilkan resolusi SDTV di TV-out, sesuatu yang saya, seperti Jukka di bawah, meragukan bahwa InnoV8 dapat melakukannya) .  

BATERAI  - Ini seperti mengalirkan garam ke luka N96, InnoV8 hadir dengan baterai 1200 mAh sebagai lawan dari N96 950 mAh.

KESAMAAN  – Meskipun hal-hal di atas adalah kelebihan yang dinikmati oleh InnoV8, ada banyak kesamaan juga. OS yang sama, ukuran dan resolusi layar yang sama. Jack 3,5 mm, akselerometer untuk rotasi layar otomatis, AGPS, penyimpanan flash internal 16GB, radio berkemampuan RDS stereo, dan jendela peluncuran Agustus/September yang sama.

DAMPAK  – Melihat spesifikasi orang akan berpikir bahwa Samsung mungkin akan meledakkan N96, tetapi menurut saya itu tidak akan terjadi. Pertama, Samsung tidak memiliki basis loyalis S60 tepercaya yang terbiasa dengan jenis produk mereka. Ketika saya secara pribadi telah mencoba ponsel non Nokia S60, terus terang saya belum menemukan pengalaman yang menyenangkan. Mungkin karena UI yang sedikit berbeda atau fakta bahwa rangkaian aplikasi buatan rumah Nokia yang mereka buat dari Beta Labs tidak ada.

Jika Samsung dapat membuat buzz yang tepat, semoga kita akan melihat Nokia didorong, sesuatu yang belum terjadi baru-baru ini. Ini juga menambah baik bagi pengembang S60 yang sekarang akan memiliki basis yang lebih besar untuk membuat aplikasi. Juga, Nokia pasti akan membalas dengan ponsel Nseries spesifikasi teratas mereka sendiri tetapi sampai saat itu menunggu dan menonton.